Run 5K for World Heart Day 2017

Bismillahirrahmaanirrahiim 
Sudah berolahragakah hari ini sahabat? Kalau sahabat blogger mah pasti rajin berolahraga, biar tubuh tetap sehat bugar. Serta berolahraga merupakan salah satu wujud cara kita juga dalam mensyukuri nikmat kesehatan yang telah Allah berikan. 29 September 2017, hari ini merupakan World Heart Day 2017. Jangan baper ya guys, heart bukan hati tapi jantung. hehe..

Pertama kali saya tahu kalau 29 September diperingati sebagai hari jantung sedunia adalah melalui event virtualrun.id yang mengadakan kegiatan "5K World Heart Day Run". Alhamdulillah juga ada jarkom edukasi di grup relawan BSMI Malang tentang hari jantung sedunia ini. Penyakit jantung menurut WHO merupakan penyakit pembunuh nomor 1 di dunia, pun menurut penuturan salah satu Dokter di simposium kardiovaskular, di Indonesia penyakit ini juga menduduki rangking 1. Menurut surat kabar ini, berdasarkan diagnosis 7 dari 100 orang di Indonesia didiagnosa memiliki penyakit jantung.Kalau sahabat semua ingin mengetahui statistikanya bisa dilihat di gambar berikut untuk tahun 2015.

Tahun ini tema yang diangkat adalah "Share the power"  kalau di Indonesia "Detak Jantung Sehat untuk Negeri". Tujuannya diangkat tema ini adalah mengajak masyarakat untuk memperhatikan kesehatan jantung. Kalau edukasi dari jarkom BSMI, tema tersebut di didukung dengan jargon fuel your heart (penerapan pola makan dan minum yang sehat), move your heart (aktif bergerak dan berolahraga), dan love your heart (berhenti merokok). Nah, salah satu kampanye hidup sehatnya sahabat semua bisa mengaplikasikan Panca Usaha Jantung sehat yang terdiri dari kegiatan yang dipaparkan inaheart.co.id di gambar berikut.
Semoga jantungmu, jantungku dan jantung kita sehat selalu ya. Kembali ke pembahasan kegiatan lari dalam rangka WHD 2017 ini, sayapun pagi tadi berlari minimal 5K atau 5 km. Alhamdulillah setelah saya lihat di aplikasi masih dapat 5,3 km. Sejak mengikuti kegiatan lari pertama di Bogor Helar Run 2017 kemarin jadinya ketagihan lari. Apalagi merasa badan tambah segar setelah lari akhirnya sekarang menyempatkan lari di pagi hari. 
 
Hari ini saya lari sendiri, keluar dari kos sekitar jam 5.45 AM lalu menyusuri Pangkot, jalan dekat kolam IPB, GWW, Rektorat dan SPs, SIL, Fahutan, Gym, dan menyusuri sudut-sudut Balebak untuk memenuhi target. Banyak godaan ketika lari sendiri, tak ada yang di ajak ngobrol jadi sepi.hehe..Tapi tidak masalah sih, saya masih enjoy dengan langkah saya. Agar tak lari dari kenyataan dan selalu ingat masih ada tanggung jawab di IPB, sayapun melewati danau SPs IPB. Pagi hari IPB masih sangat sepi dan adapun orang hanya yang berolahraga saja, maklum baru jam 6 pagi, bahkan masih ada yang istirahat. 
Alhamdulillah saya bersyukur Allah berikan kekuatan, dan saya yang dulunya takut tidak kuat lari  akhirnya bisa diluruhkan takutnya oleh Allah dan mencoba lari, bahkan sampai sekarang mengarah ke suka. Saya memang sangat takut kalau tumbang di tengah jalan atau merepotkan orang lain, tapi dengan tau kekuatan diri akhirnya aman hingga selesai lari. And finally, inilah hasil tadi pagi. Durasi waktunya lebih lama dari  lari sebelumnya jadi next harus lebih bisa mengatur napas dan ritme agar waktunya stabil sepanjang jalur. 
Semoga sahabat semua masih bisa meluangkan waktu untuk olahraga ya di sela aktivitasnya  ^^
***
Wisma Wageningen, 29 September 2017
Vita Ayu Kusuma Dewi

Comments